Minggu, 01 Februari 2009

Apa itu CISA?

Untuk teman-teman yang berminat menjadi Auditor dibidang IT, sebaiknya mencoba mengambil satu Gelar Internasional / Sertifikasi Internasional yaitu CISA : Certified Information Systems Auditor .

Sertifikasi CISA ini sangat menguntungkan untuk masa depan di dunia IT, dengan sertifikasi ini teman-teman akan lebih dipercaya sebagai auditor IT, dan peluangnya sangat besar dalam meraih penghasilan di bidang IT Auditor, karena pesaingnya masih sedikit terutama di Indonesia.

CISA ini diselengarakan oleh badan internasiona yang dinamakan ISACA ( Information Systems Audit and Control Association). Untuk mendapatkan sertifikat ini teman-teman harus daftar ke ISACA secara online dan mengikuti persyaratan dari badan tersebut.

Sertifikasi CISA ini sudah berlangsung sejak tahun 1978. Pengaturan dalam ujian CISA yang pertama dilaksanakan pada tahun 1981, dan jumlah pendaftar selalun bertambah pada setiap tahunnya. Hampir di atas 60,000 auditor sudah berpenghasilan dari CISA tersebut.

Calon-calon yang akan mengikiuti sertifikasi CISA harus melewati ujian tertulis selanjutnya harus setuju pada aturan ISACA , Professional Ethics, menyerahkan bukti dari sedikitnya lima tahun profesional adalah auditing,pengedalian , atau keamanan IT dan lainnya.


UJIAN CISA:
Pada ujian CISA ini kita harus mengisi soal, seperti ujian UMPTN jumlah Soal 200 harus di jawab semuanya dalam waktu 4 jam.

Adapun komposisi soal adalah :
  • IS Audit Process - 10% of Exam
  • IT Governance - 15% of Exam
  • Systems and Infrastructure Lifecycle Management - 16% of Exam
  • IT Service Delivery and Support - 14% of Exam
  • Protection of Information Assets - 31% of Exam
  • Business Continuity and Disaster Recovery - 14% of Exam
Ujian ini sekarang sudah menggunakan 11 bahasa pada 200 lokasi .
Dalam satu tahun hanya dilaksanakan 2 kali ujian yaitu setiap bulan Juni dan Desember.

Sebelum mengikuti sebaiknya teman ikut training Review dulu, di berbagai tempat di Jakarta sudah banyak. Misalnya di Pusat Komputer UI, Salemba.

Ujian CISA ini bukan hapalan lebih terarah pada logika, pengalaman dan pengertian dalam bidang IT.

Selamat Mencoba...

Salam

2 komentar:

  1. Salam,

    Jika ada pemegang CISA yang berminat bergabung dengan perusahaan Indonesia Korea hubungi gooodel@gmail.com atau 08179923479.

    Best salary package di Indonesia untuk IT-man.

    BalasHapus

Blog Ku Inspirasi Ku © 2008 Template by:
SkinCorner